Selasa, 08 Mei 2012

negara tirani dan contohnya


Ajaran plato (429-347 SM )
Menurut plato: tirani adlah pemerintahan yang di pegang oleh seorangtiran(sewenang)sehingga jauh dari cita-cita keadilan dan jika demokarasi,pemerintahan dibentuk oleh rakyat jelata, atau menurut kajian saya kekuasaan masih di tangan satu orang,dan kekuasaan tersebut tidak di tujukan untuk kepentingan umum melainkan kepentingan pribadi penguasa makanya Indonesia makin terpuruk secara ekonominya munkin kalau menurut saya paham tirani secara tidak tertulis,dipakai sudah lama dipakai oleh “penguasa” jadi ibarat berkelahi,kita satu lawan satu oleh penguasa dan efeknya yang kaya makin kay dan begitu juga sebaliknya.
negara adalah Negara merupakan integrasi dari kekuasaan politik,ia adlah organisasi pokok dari kekuasaan politik dan Negara adlah alat dari masyarkat yang mempunyai kekuasaan untuk mengatur hubungan-hubungan manusia dalam masyrakat dan menertibkan gejala-gejala kekuasaan dalam masyarakat.kalu partai politik adalah suatu kelompok yang terorganisir yang anggota-anggotannya mempunyai orientasi,nilai-nilai dan cita-cita yang sama dan kalu kita lihat dalam kerangka demokrasi.demokrasi sebagai alat perantara untuk menyatakan aspirasi parpol ke badan konstitusi Negara ketika rakyat merasa tidak efektif dan efisien terhadap kebijakan,tindakan pemerintah ke masyarakat.hubungan parpol dan Negara tidak lebih hanya rangka memenuhi kepentingan bersama
Ajaran Aristoteles ( 384-322 SM )
Tirani, Yaitu bentuk pemerintahan yang di pegeng oleh seseorang demi kepentingan pribadi.bentuk pemerintahan ini buruk dan merupakan kemerosotan..

contoh tiran di indonesia:

Bentuk pemerintahan yang buruk di dalam satu tangan adalah Tirani. Tiran-tiran kejam yang pernah muncul dalam sejarah politik dunia misalnya Kaisar Nero, Caligula, Hitler, atau Stalin. Meskipun Hitler atau Stalin memerintah di era negara modern, tetapi jenis kekuasaan yang mereka jalankan pada hakekatnya terkonsentrasi pada satu tangan, di mana keduanya sama sekali tidak mau membagi kekuasaan dengan pihak lain, dan kerap kali bersifat kejam baik terhadap rakyat sendiri maupun lawan politik.
tirani Kekuasaan (soeharto orde baru)

Soeharto cap sebagai presiden bertangan besi dalam menjalankan roda pemerintahan. Ia tak men-tolerir segala bentuk tindakan subversif yang mencoba membuat instabilitas politik. Penilaian ini bukan sekadar subjektifitas belaka. Itu  telah nampak pada saat ia merintis kekuasaan. Pada awal merintisnya Orde baru,kekuasaan dibangun atas landasan kekerasan anti komunisme, dan kejam dalam memberlakukan perbedaan pendapat. Artinya kekerasan marupakan satu dari tonggak yang menopang Orde baru selain kinerja Ekonomi dan manupulasi Ideologi.
Banyak insiden-insiden yang terjadi ketika Soeharto menjabat sebagai presiden selama 32 tahun.

Contoh tirani (Proses Perealisasian Proyek Pembangunan)
banyak tanah rakyatyang diambil alih, dibeli dengan harga yang sangat murah yang tidak masuk akal, dibeli paksa, diduduki semena-mena, baik oleh Negara maupun oleh perusahaan- perusahaan besar. Kisah sedih rakyat yang terusir dari tanah miliknya.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Sepertinya kekuatan politik sekarang mengarah pada tirani karena seringkali usulan masyarakat terus diabaikan dengan alasan solusi hukum yang lain.negara2 berkembang seringkali terperosok pada keinginan berkuasa secara penuh ditambah dengan ketidaksiapan partai politik menjadi oposisi atau partai diluar partai penguasa. Masya Allh

SETOYAN mengatakan...

Betul betul betul

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
;